Alasan Harus Memiliki Rumah Impian Dibandingkan Sewa

Kepemilikan rumah selalu dianggap sebagai pintu gerbang ke kelas menengah dan tolok ukur Impian masyarakat kita.

Namun, banyak keluarga telah memilih untuk menemukan kebahagiaan tanpa harus memikirkan cicilan KPR atau KPA.

Padahal seharusnya yang perlu dipikirkan kedepannya ialah manfaat besar dari kepemilikan rumah yang tidak bisa digantikan dengan menyewa.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki rumah sendiri memiliki keuntungan yang berbeda daripada menyewa, terutama dalam hal membangun kekayaan bersih dan menyediakan lingkungan yang stabil untuk keluarga Anda.

Jika Anda masih memperdebatkan apakah harus menyewa atau membeli rumah, berikut ini daftar alasan mengapa memiliki sendiri rumah impian lebih baik daripada menyewa.

 

Lebih Murah Dibandingkan Sewa

Meskipun membeli rumah lebih mahal pada awalnya, sebenarnya dalam jangka panjang bisa lebih murah daripada menyewa jika Anda membuat strateginya dengan benar.

Menurut penelitian, kepemilikan rumah secara nasional rata-rata 38% lebih murah daripada menyewa, perhitungan didasarkan pada suku bunga tetap selama diatas 10 tahun.

Mereka membandingkan total biaya kepemilikan rumah (termasuk pemeliharaan, pajak, dan asuransi) dengan total biaya sewa untuk periode waktu yang sama dan menghubungkan perbedaan drastis di dalam biaya dengan meningkatnya biaya sewa dan rendahnya suku bunga KPR, yang saat ini sekitar 6 %- 9%.

Itu tidak berarti bahwa membeli rumah tidak mahal – Anda masih harus membayar sekitar 20% uang muka serta biaya-biaya lainnya yang tentu akan memakan seluruh isi tabungan Anda.

Faktanya adalah dengan membayar lebih besar dp untuk rumah sendiri, Anda benar-benar dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

 

Mendorong untuk Rajin Menabung

Berbicara tentang uang muka, sudahkah Anda mempertimbangkan bagaimana membayarnya? Siapa pun harus menabung untuk pembelian besar tersebut dan dibutuhkan disiplin ketat untuk menganggarkan dengan baik sehingga Anda dapat mencapai tujuan lebih cepat.

Banyak ahli berpendapat bahwa jika sudah memiliki rumah impian, seseorang akan lebih bertanggung jawab secara finansial karena mereka telah berupaya untuk menghemat uang untuk pembayaran down payment serta angsuran KPR perbulannya.

Sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu perusahaan asuransi menunjukkan bahwa pemilik rumah berada dalam kondisi finansial yang lebih baik karena mereka menunjukkan kebiasaan mengatur keuangan secara ketat.

Sebagai contoh, 65% membayar saldo kartu kredit mereka setiap bulan, 25% mencoba untuk membayar cicilan KPR dan 44% membayar semua tagihan dan sebagian disimpan.

Jika Anda membutuhkan alasan untuk menabung, melakukannya demi rumah impian harus menjadi motivasi yang cukup untuk menguatkan tindakan Anda.

sumber: https://www.inafina.id/rumah-impian/

Kontributor
6 months ago
Share: